Tuesday, March 29, 2011

Semester Pertama di Sekolah Tinggi Desain InterStudi (STDI)

Nirmana 2D

Pengertian nirmana adalah dasar-dasar seni dan desain. Kita hanya sekedar menyusun penyederhanaan bentuk (form) seperti titik, garis, bidang, gempal/volume, dan unsur-unsur seni rupa lain seperti: ukuran, arah, tekstur, warna, value, ruang, dan lain-lain. Nirmana tidak mewujudkan sesuatu, kecuali kita belajar berekspresi dengan unsur-unsur seni rupa untuk memperoleh karya seni yang artistik/indah.


Sumber: NIRMANA (Dasar-dasar Seni dan Desain), Edisi Revisi, Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto.

 
Owllusion
Before I finish my task, I did a little experiment. Can you see it? Yes! I made ​​an owl. Owl? I don't think so. haha



Teori Warna


The Color Wheel
Mata kuliah ini juga masih ada hubungannya dengan nirmana, karena teori warna juga dasar-dasar seni dan desain. Bermain dengan cat poster, harus tepat pencampuran komposisi cat nya.

Warna primer adalah warna yang berdiri sendiri, bukan dari pencampuran dari warna manapun. warna primer ada 3, yaitu Merah, Kuning, dan Biru. Sedangkan Warna Skunder, adalah pencampuran dari 2 warna primer. Warna skunder juga ada 3, merah+biru=ungu, merah+kuning=jingga, kuning+biru=hijau. Warna-warna lainnya adalah, 6 warna intermediate, 3 warna tersier, dan 3 warna kuarter. 



Lingkaran berisi 12 warna ini dibelah menjadi 2 bagaian, memperlihatkan setengah bagian yang tergolong daerah warna panas dan setengah bagian daerah warna dingin.

Warna Panas: Kuning (Yellow), Kuning Jingga (Deep Yello), Jingga (Orange), Merah Jingga (Red), dan Magenta.
Warna Dingin: Ungu (Violet), Biru Ungu (Blue), Biru (Cyan), Biru Hijau (Light Green), dan Hijau (Green).
Warna Hangat: Kuning Hijau (Moon Green), Merah Ungu (Purple).





Iseng-iseng, mau bentuknya gimana, jadi gini:

I Love U


Pengantar Komputer Multimedia
Poster
Selain Adobe photoshop, di kenalkan juga Illustrator, Soundbooth, dan Premiere.

Gua membuat poster yang simpel, menggunakan 3 jenis brush, burung, pohon, asap, dan cipratan cat. Menambahkan tekstur dan gradasi warna dan gua ganti blend options-nya menjadi overlay (kalau gak salah). Tugas ini dibuat dengan 2 ukuran yaitu postcard dan poster.

Selain poster, tugas lainnya yaitu membuat website sederhana dengan menggunakan photoshop, editing video dengan premiere, dan mengolah suara dengan soundbooth.



Makan Urab 2
Malam Akustikan Untuk Keakraban (Makan Urab) yang ke 2 tahun 2010. Acara yang diselenggarakan untuk menyatukan tiap angkatan, selain itu juga ada Pameran Karya 4 Jurusan (Desain Komvis, Desain Multimedia, Desain Busana, dan Desain Interior), Live Music, Urban Art, Beatbox Performances, Costplay, Dance Performances, Fshion Show, Bazaar, dan banyak lagi.

Tema Makan Urab 2 adalah "Welcome to the Jungle", yaitu menggambarkan hukum rimba di kota Jakarta, "siapa yang kuat, dia yang menang". Setiap peserta wajib mengumpulkan karya tematik, dan ini adalah karya berupa poster yang saya buat:


Jakarta and it's Law of the Jungle
Singa berbadan manusia dengan mengenakan jas sambil memegang senapan mewakili kaum borjuis yang seenaknya menindas orang-orang yg kurang mampu, seperti kasus penggusuran/sengketa tanah dan sebagainya, backgroundnya berupa siluet dari patung selamat datang yang sudah di rimbuni dedaunan mewakili kota Jakarta yang berubah menjadi hutan. dan empat foto diatasnya memilik makna tersendiri, yaitu:
  1. Violence (kekerasan), masih banyak kekerasan terjadi di Jakarta, entah di dalam rumah tangga, terhadap anak kecil, dll,
  2. Free Sex (Seks Bebas), makin banyak terjadi pelecehan seksual ataupun penyimpangan seksual, dari pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa yang melakukan hubungan intim diluar nikah,
  3. No Mercy (Tanpa Ampun), sesuai hukum rimba "siapa yang kuat, dia yang menang", dan yang terakhir,
  4. Abnormal (Tidak Normal), pria ingin menjadi wanita, wanita ingin menjadi pria, suka sesama jenis, dan lain sebagainya.


No comments:

Post a Comment